Edit PDF

31 Maret 2024 oleh rizkydenianto (22 Juli 2024 - 21.59)
Halaman Edit PDF

Halaman Edit PDF

Aplikasi Edit PDF merupakan aplikasi web yang memungkinkan pengguna untuk mengedit berkas PDF sesuai kebutuhan di peramban favoritnya. Kelebihan aplikasi web adalah pengguna dapat menggunakannya di hampir semua perangkat dengan sistem operasi apapun selama peramban yang digunakan mendukungnya. Terdapat beberapa fungsi aplikasi yang tersedia untuk membantu pengguna dalam mengedit berkas PDF, seperti salin, gabung, pampat, dll yang akan dijelaskan di bagian berikutnya.

Fungsi

Fungsi pada aplikasi ini akan aktif ataupun non-aktif sesuai dengan jumlah berkas yang dipilih. Pengguna dapat memilih banyak berkas dengan menekan tombol Shift atau Ctrl ketika memilih berkas. Berikut beberapa fungsi yang dapat digunakan pada aplikasi Edit PDF, yaitu:

  • Salin

    Berfungsi untuk membuat salinan dari halaman yang ditentukan. Misal pengguna memiliki berkas PDF dengan 10 halaman dan ingin membuat salinan dari halaman 4-7 saja, maka pengguna dapat memasukkan 4-7 sebagai parameter. Kemudian tekan tombol Salin untuk membuat salinannya. Jika ingin membuat salinan dengan parameter lebih dari satu maka pengguna dapat memisahkannya dengan koma (,), contohnya 1-2, 4-6, 9-10.

  • Gabung

    Berfungsi untuk menggabungkan berkas PDF yang dipilih. Misal pengguna memiliki dua atau lebih berkas PDF yang ingin digabungkan, maka pengguna tinggal memilih kedua berkas tersebut dan tekan tombol Gabung untuk menggabungkannya.

  • Pampat

    Berfungsi untuk memampatkan berkas PDF agar ukurannya menjadi lebih kecil. Misal pengguna mengunggah berkas 10MB dan ingin mengecilkan ukurannya, maka pengguna dapat memilih berkas tersebut lalu tekan tombol Pampat untuk memampatkannya. Jika ukuran berkas tidak berubah kemungkinan berkas tidak bisa dimampatkan lebih jauh.

  • Enkripsi

    Berfungsi untuk mengenkripsi berkas PDF dengan menggunakan kata sandi. Kata sandi yang harus ditentukan ada dua, yaitu kata sandi pemilik dan kata sandi pengguna. Kata sandi pemilik wajib dimasukkan ketika memberikan enkripsi pada berkas PDF. Perbedaannya adalah ketika berkas dibuka dengan kata sandi pengguna, maka kontennya tidak bisa diekstrak, disusun ulang, ataupun diubah, serta tidak dapat dicetak pada resolusi tinggi.

  • Dekripsi

    Berfungsi untuk membuat berkas baru yang tidak terenkripsi dari berkas yang terenkripsi.

  • Tanda tangan, Tanda air, dan Cap

    Berfungsi untuk memberi tanda tangan, tanda air (watermark), dan cap pada berkas. Tanda tangan yang ingin dimasukkan dapat ditulis sendiri pada kotak putih yang disediakan di bagian kanan atas atau dengan memilih huruf yang telah disediakan lalu masukkan kata yang ingin dijadikan tanda tangan. Setelah itu tanda tangan akan dibuatkan secara otomatis. Tanda air dan cap dilakukan dengan mengunggah berkas gambar. Tanda air akan menempatkan gambar yang diunggah di bawah konten berkas PDF, sedangkan cap akan menempatkan gambar yang diunggah di atas konten berkas PDF.

Indikator

Aplikasi Edit PDF memiliki beberapa indikator yang dapat dijadikan acuan dalam mengolah berkas. Berikut beberapa indikator yang ada pada aplikasi, yaitu:

  • Bingkai putih

    Berfungsi untuk menunjukkan berkas mana yang terakhir kali dipilih oleh pengguna. Setiap pengguna memilih berkas, maka bingkai ini akan menandai pilihan tersebut sebagai pilihan yang terakhir kali dipilih. Namun tidak berlaku ketika pengguna menggunakan tombol Shift dalam memilih berkas.

  • Lingkaran kuning

    Berfungsi untuk menandai berkas baru, seperti berkas yang baru diunggah atau berkas baru yang dihasilkan setelah menjalankan fungsi aplikasi. Lingkaran ini akan hilang jika pengguna telah memilih berkas tersebut.

  • Angka

    Berfungsi untuk menunjukkan urutan berkas yang dipilih sehingga memudahkan pengguna untuk mengatur urutan berkas yang ingin digabung.

0ikon-visibilitas-google

Memuat...

keluku-linkedinkeluku-twitterkeluku-facebookkeluku-instagramkeluku-youtube
Tentang Kami

© 2023-2024 SEGUBI