Penerapan Internet of Things (IoT) di Bidang Olahraga

15 Mei 2024 oleh rizkydenianto (18 Juli 2024 - 22.36)
Ilustrasi <i>Internet of Things</i> | <a http://www.freepik.com>Didesain oleh macrovector / Freepik</a>

Ilustrasi Internet of Things | Didesain oleh macrovector / Freepik

IoT merupakan teknologi yang mulai banyak digunakan dan menjadi bagian yang penting dalam kehidupan manusia. Teknologi ini memungkinkan untuk menghubungkan banyak perangkat yang memiliki fungsinya masing-masing untuk berkomunikasi satu sama lain menggunakan jaringan internet dan mencapai sebuah fungsi tertentu, salah satunya adalah smarthome di mana banyak peralatan rumah terkoneksi satu sama lain dan dapat dikontrol melalui aplikasi ponsel.

Selain itu teknologi IoT juga dapat diterapkan di bidang olahraga, seperti:

  • Efisiensi perkembangan atlet melalui pelatihan dan manajemen yang lebih optimal

    Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan analisis data yang didapatkan dari berbagai sensor dalam suatu permainan ataupun dalam latihan tim. Teknologi ini juga dapat digunakan oleh atlet untuk menunjang pelatihan secara individu;

  • Penegakan aturan dalam permainan olahraga

    Peranan IoT dalam membantu pengawasan permainan sangat penting bagi wasit karena dapat memberikan parameter-parameter yang lebih jelas untuk menentukan jalannya permainan. Hal ini juga dapat membantu dalam menjaga keamanan para atlet;

  • Pelayanan yang lebih canggih untuk penggemar

    Selain berguna bagi para atlet, IoT juga dapat memberikan pengalaman yang lebih baik untuk penggemar. Misalnya memberikan simulasi pertandingan secara virtual yang dapat diakses melalui ponsel ataupun meningkatkan keamanan di dalam stadion yang dapat menganalisis adanya potensi ancaman keamanan dan akan memberikan notifikasi kepada tim medis jika terjadi sesuatu.

Selain hal yang disebutkan pada poin sebelumnya, terdapat banyak sekali penerapan IoT yang dapat meningkatkan efisiensi di berbagai aspek di bidang olahraga. Meskipun begitu terdapat banyak tantangan untuk mulai menerapkannya, salah satunya adalah biaya untuk pembangunan dan perawatan arsitektur IoT agar data tetap akurat dan dapat diandalkan.

Referensi

0ikon-visibilitas-google

Memuat...

keluku-linkedinkeluku-twitterkeluku-facebookkeluku-instagramkeluku-youtube
Tentang Kami

© 2023-2024 SEGUBI